Page 145 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 145

x Warna                          dasaran warna merah akan
                                                                  bergerak memusingkan mata,
                                 Warna merupakan hal yang         dan warna kuning di atas
                                 sangat penting dalam komu-       warna dasar putih akan sulit
                                 nikasi   dengan     konsumen.    terbaca dengan cepat.
                                 Warna dalam perencanaan
                                 grafis kemasan dapat dira-       x Identitas perusahaan
                                 sakan kegunaannya  sebagai       Identitas   perusahaan    atau
                                 media komunikasi dan infor-      identitas produk sangat poten-
                                 masi produk, seperti  warna      si dalam membidik kepercaya-
                                 kuning menandakan  warna         an pembeli. Pembeli akan
                                 produknya berwarna kuning,       mencari produk yang telah
                                 rasa    jeruk,  atau    produk   habis tentunya akan mencari
                                 bervitamin C. Warna tidak saja   produk    yang    sama     dari
                                 ditampilkan   sebagai    dasar   perusahaan yang sama pula.
                                 kemasan, tetapi juga sebagai     Kepercayaan akan tertanam
                                 pendukung komunikasi tam-        dalam hati  si pembeli karena
                                 pilnya huruf.
                                                                  ada nama produk yang telah
                                 Potensi warna dapat diterap-     memberi apa yang diharapkan
                                 kan    dengan    baik    dalam   konsumen,     dan    konsumen
                                 perancangan kemasan. Se-         akan lebih percaya kalau
                                 perti kekuatan warna dalamm      identitas   perusahaan    lebih
                                 pandangan     segi   psikologi,  besar dan berwibawa. Bila ada
                                 bahwa warna lebih dekat          produk baru, orang akan
                                 dengan     hubungan    kepada    melihat identitas perusahaan
                                 faktor emosi daripada bentuk.,   yang mengeluarkan, dan bila
                                 Sebuah warna dalam  kemas-       pembeli      sudah     percaya
                                 an akan tampil lebih awal        terhadap perusahaannya tentu
                                 dibandingkan dengan bentuk       tanpa pikir  panjang langsung
                                 kemasannya.                      mempercayai produk tersebut
                                                                  dan membelinya.
                                 Bagaimana      warna     dalam
                                 huruf?. Bentuk huruf nama
                                 produk harus tampil utama,       x Huruf
                                 tidak terganggu oleh penam-      Pemilihan tipe huruf yang
                                 pilan   warna-warna    kontras   berkarakter sesuai  dengan
                                 yang    menyilaukan,     sebab   jenis barang/produk, harus
                                 warna kontras (keras) hanya      jelas, singkat, benar, mudah
                                 dapat berteriak, tapi tidak      terbaca, dan menyatu  dengan
                                 menyampaikan pesan. Tek          elemen     grafis  yang    lain.
                                 yang dicetak dengan warna        Pemilihan tipe huruf yang
                                 kuning dasaran hitam akan        sederhana       akan      lebih
                                 sangat jelas terbaca,  sebalik-  menguntungkan dari  pema-
                                 nya tulisan warna biru di        kaian huruf yang dekoratif.




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    391











                               http://hsusanto.blogspot.com
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150