Page 168 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 168

o  Pembaca secara umum           x Iklan satu halaman
                                     menganggap surat kabar       x Iklan setengah halaman
                                     sebagai sumber informasi     x Iklan seperempat halaman
                                     dan menggunakannya se-       x Iklan kolom/baris
                                     bagai media untuk mem-
                                     pengaruhi masyarakat
                                 o  Dapat menjangkau daerah
                                     lokal, regional ataupun na-
                                     sional   (jangkauan   kha-
                                     layak lebih luas)
                                 o  Fleksibel dan dapat me-
                                     nyesuaikan materi iklan
                                 o Mampu  menyajikan  pesan
                                     secara terperinci
                                 o  Mudah dibawa kemana-
                                     mana.

                                 Kelemahan
                                 o  Kualitas cetak rendah  ka-          Gambar 16.54: Iklan baris/kolom
                                     rena menggunakan kertas               yang diterbitkan di koran
                                     koran, kertas paling ren-
                                     dah.                         c. Menyelesaikan pekerjaan,
                                 o  Harga pasang iklan mahal          merawat bahan dan alat
                                 o  Konsumsi pembaca dapat
                                     berubah                      Sebagai praktisi desain yang
                                 o  Masa hidup yang singkat       handal dan bertanggung ja-
                                     karena    biasanya    tidak  wab, maka perlu menye-
                                     akan bertahan di tangan      lesaikan    tugasnya   dengan
                                     pembaca yang enggan          baik, yaitu mendesain sampai
                                     memperhatikan iklan.         desain terpilih hingga finishing
                                 o  Adanya persaingan iklan       siap terbit di media cetak.
                                     pada terbitan yang sama      Setelah menyelesaikan peker-
                                     dalam satu Koran.            jaan dengan lancar, tugas
                                                                  selanjutnya adalah merawat
                                 Iklan yang dipasang dalam        bahan dan alat.
                                 koran hampir sama  dengan        x  Rapikan kembali antara
                                 yang dipasang di majalah,
                                 hanya saja  space-nya lebih          kertas yang telah dipakai
                                                                      dengan kertas yang belum
                                 luas dibanding dengan maja-          dipakai.
                                 lah. Berdasarkan ukurannya
                                 dan    penempatannya,     iklan  x  Bila perlu simpan  pada
                                 koran    bisa   dikelompokkan        tempat     tertentu   yang
                                 menjadi beberapa jenis, yaitu:       terhidar dari jangkauan
                                                                      anak-anak.






                                 Desain Grafis Komunikasi                                    414











                               http://hsusanto.blogspot.com
   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173