Page 5 - Modul 2 Pak Usman
P. 5
IDENTIFIKASI
Siswa yang Cara Kegemaran Kebutuhan
memiliki Berpikir,
kecenderungan melalui :
LINGUISTIK kata-kata Membaca,menulis, Buku, kertas, alat rekam,
bercerita,bermain buku harian, dialog,
permainan kata-kata diskusi, debat, cerita
MATEMATIS-LOGIS penalaran Bereksperimen, Tanya Bahan-bahan untuk
jawab, memecahkan bereksperimen, kegiatan
teka-teki manipulatif, kunjungan ke
logis,berhitung museum, dll
SPASIAL Kesan – Mendesain, Seni, video, film, slide.
gambar menggambar, Buku-buku ilustratif
membayangkan,
mencoret-coret
KINESTETIS Sensasi Menari,berlari, Bermain
somatis melompat, membuat drama,bergerak,benda
bangunan, meraba, rakitan, oleharaga.
menggerakan isyarat Permainan fisik, dll
tangan
MUSIKAL Irama dan Bernyanyi, bersiul, Waktu bernyanyi bersama,
melodi bersenandung, kunjungan ke acara musik,
mengetuk-ngetukkan musik di sekolah/rumah
tangan dan kaki,
mendengarkan
INTERPERSONAL Melempar Memimpin, Teman-teman, permainan
gagasan mengorganisasi, kelompok, pertemuan
menghubungkan,meneb social, perkumpulan, dll
arkan pengaruh,
menjadi mediator,
berpesta
INTRAPERSONAL Berhubungan Menyusun tujuan, Tempat rahasia, waktu
dengan bermeditasi, melamun, menyendiri, proyek sendiri,
perasaan merenung pilihan
pribadi
NATURALIS Alam dan Bermain dengan Akses ke alam, kesempatan
pemandanga binatang piaraan, berinteraksi dengan alam,
n berkebun, meneliti peralatan untuk meneliti
alam, memelihara alam, dll
binatang, peduli
lingkungan