Page 21 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 4)
P. 21

Gambar 1. Contoh tujuan kreatif desain poster melalui pendekatan imajinasi
                                               Petualangan, gaya kartun sesuai segmentasi anak.
                 2. Strategi Kreatif

                 Strategi  kreatif  dilakukan  guna  mendapatkan  cara  yang  tepat  dan  efektif  terkait
                 dengan  kampanye  kesehatan  gigi  anak.  Strategi  kreatif  lebih  dipersempit

                 membicarakan  masalah  desain  dan  bidang  kreatif.  Pada  wilayah  ini  ditentukan
                 paduan    kreatif  yang    berisi    bentuk    verbal    dan    visual    serta    isi    materi    yang

                 hendak dikomunikasikan.  Strategi  visual  terkait  dengan  siasat,  taktik,  kebijakan

                 atau langkah-langkah  yang  digunakan  untuk  mencapai  tujuan  tata  visual  desain
                 tetap berpegang  pada  dua paduan,   yaitu  unsur-unsur   DKV dan  Prinsip-prinsip

                 dasar tata desain (kaidah-kaidah tata desain).


                 Unsur-unsur  DKV dalam  perancangan  iklan  layanan masyarakat  tentang  kesadaran

                 akan kesehatan gigi anak meliputi aspek verbal-visual, yang meliputi verbal: judul, sub
                 judul,  teks bodycopy, slogan.  Sedangkan  visual:  ilustrasi, tipografi,  dan  warna, yang

                 akan  memunculkan  karakter  dan  cirikhas  ILM  kesehatan  gigi  anak  akan terwakili
                 image/pencitraannya  dengan  cara  menggunakan  pendekatan  imajinasi,  daya  khayal

                 berpetualang,  agar  anak  lebih  tertarik, akrab  dan  asyik  jauh  dari  bayangan yang

                 tidak menyenangkan sehingga pesan yang disampaikan menjadi lebih efektif.


                 Tak  lupa  prinsip-prinsip  atau  kaidah-kaidah  tata  desain  tetap  digunakan,  yaitu

                 dominasi/penekanan    (emphasis),    irama/keselarasan/gerak          (movement),    kesatuan
                 (unity),  keseimbangan  (balance),  keserasian/proporsi  (proportion),  kesederhanaan

                 (simplicity), dan kejelasan (clarity).
                 Strategi visual yang paling menonjol adalah menciptakan satu tokoh/maskot dengan

                 imej  pahlawan  super  yang  baik  hati,  gagah  perkasa,  membela  kebenaran,  yang
                 diharapkan  akan menjadi  panutan  bagi  anak-anak  karena  yang  terutama  tokoh

                 ini akan selalu mengajak anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi.




                                                                                                               21
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26