Page 24 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 4)
P. 24
F. Merancang Produk Grafis
Metode yang dilakukan dalam merancang produk grafis agar mendapatkan konsep
kreatif yang jelas, perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:
1. Statement of problem,
yaitu merumuskan apa yang menjadi perhatian utama suatu gagasan atau ide yang akan
disampaikan kepada masyarakat.
2. Survey of problem area,
yaitu penelitian atau survey terhadap masalah yang telah dibatasi, agar segala pemikiran
dapat dikembangkan menjadi beberapa gagasan yang lebih mendasar.
3. Formulating the problem,
yaitu merumuskan dan menyederhanakan masalah sehingga tercipta gagasan yang lebih
terfokus.
4. Unification and simplification,
yaitu dari gagasan-gagasan kreatif yang telah dimiliki, diselaraskan dengan media-media
yang akan digunakan, dan menyelaraskan dengan lingkungan dimana gagasan itu akan
ditempatkan.
EKONOMI KREATIF
A. Pengertian Ekonomi Kreatif
Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru
dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan
sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama
dalam produksi.
Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia
sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah
terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.
24