Page 24 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 4)
P. 24

F. Merancang Produk Grafis
            Metode  yang  dilakukan  dalam merancang  produk  grafis  agar mendapatkan  konsep

            kreatif yang jelas, perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:
            1.  Statement of problem,


            yaitu merumuskan apa yang menjadi perhatian utama suatu gagasan atau ide yang akan
                disampaikan kepada masyarakat.


            2.  Survey of problem area,

            yaitu penelitian atau survey terhadap masalah yang telah dibatasi, agar segala pemikiran

                dapat dikembangkan menjadi beberapa gagasan yang lebih mendasar.

            3.  Formulating the problem,

            yaitu merumuskan dan menyederhanakan masalah sehingga tercipta gagasan yang lebih

                terfokus.

            4.  Unification and simplification,


            yaitu dari gagasan-gagasan kreatif yang telah dimiliki,  diselaraskan  dengan  media-media
            yang  akan  digunakan, dan menyelaraskan dengan lingkungan dimana gagasan itu akan


            ditempatkan.


            EKONOMI KREATIF



            A. Pengertian Ekonomi Kreatif
            Pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru
            dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan

            sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama
            dalam produksi.

            Intinya  ekonomi  kreatif  ini  lebih  mengedepankan kreativitas,  pengetahuan,  dan ide  dari  manusia
            sebagai  aset  untuk  membuat  perekonomian  bergerak  maju.  Konsep  ekonomi  kreatif  ini  sudah
            terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.


                                                                                                               24
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29