Page 75 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 75

x Kosmetik
                                                                  Desain kemasan yang seba-
                                                                  gian berukuran kecil ini sangat
                                                                  dominan dalam segi ekonomi,
                                                                  yaitu menginformasikan pro-
                                                                  duk melalui desain kemasan.
                                                                  Bentuk,     ukuran,    maupun
                                                                  warna sangat melekat pada
                                             Gambar 11.6: Bagaimana   produk di  dalamnya,  seperti
                                       membedakan kemasan obat batuk   lipstik yang berwarna  merah
                                                                  dengan desain kemasan war-
                                 x  Alat dapur/ Elektronik        na merah pula. Untuk  desain
                                                                  kemasan     jenis   ini  biasa
                                 Jenis    produk    ini  sangat   ditampilkan bentuk yang kecil-
                                 reskhan dalam benturan, pe-      kecil, manis, dan feminin
                                 nyimpanan dan sulit pena-        dengan warna-warna ceria
                                 taannya. Agar produk tidak       dan romantis.
                                 rusak, lebih mudah di atur, dan
                                 sebagai    informasi   produk,
                                 maka perlu adanya desain
                                 kemasan yang multi guna.
                                 Jenis bahan yang digunakan
                                 adalah bahan yang  murah,
                                 kaku, ringan, dan tebal, se-      Gambar11.8: Kemasan kosmetik
                                 perti lapisan kertas  berge-      sangat memperhatikan argonomis
                                 lombang. Bentuk atau model
                                 desain kemasan  disesuaikan
                                 dengan karakter isi  desain      b. Sovenir
                                 kemasan (produk), sehingga       Desain kemasan yang diper-
                                 anatomi     produk     maupun    untukkan  untuk produk ini
                                 tangan manusia sangat diper-     biasa mengarah ke warna
                                 timbangan.                       alam agar menyatu  dengan
                                                                  produk sovenir. Adapun ben-
                                                                  tuknya    ditampilkan   secara
                                                                  sederhana yang biasa menga-
                                                                  rah nostalgia yaitu modivikasi
                                                                  tradisional (kontemporer). De-
                                                                  sain kemasan yang unik dan
                                                                  aneh tanpa banyak elemen
                                                                  desain disengajakan untuk
                                                                  menonjolkan isi produk agar
                                         Gambar 11.7: Gambar produk   tampil lebih menawan dan
                                       ditampilkan pada kemasan salah  menambah nilai jual.
                                                  satu trategi pasar


                                 Desain Grafis Komunikasi                                    323












                               http://hsusanto.blogspot.com
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80