Page 79 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 79

c. Faktor Murah
                                                                  Faktor ini  merupakan suatu
                                                                  penekanan pembiayaan  yang
                                                                  mengarah keekonomis  agar
                                                                  tidak boros. Adanya pene-
                                                                  kanan pembiayaan ini akan
                                                                  mempengaruhi      pula   harga
                                                                  sebuah produk 3 D, sehingga
                                                                  bisa bersaing dengan produl
                                                                  lain. Ada beberapa penekanan
                                                                  biaya dalam proses pem-
                                        Gambar 11.15: Cantik, anggun,
                                            praktis dan mudah dibawa    buatan desain, antara lain:

                                 x Mudah ditata                   x  Penggunaan bahan yang
                                                                      semurah mungkin
                                 Dalam segi penataan harus        x  Desain sederhana dengan
                                 juga diperhatikan dalam pen-         biaya murah
                                 ciptaan    desain    kemasan,    x  Murahnya biaya produksi
                                 apakah penataan di dalam         x  Meringankan harga produk
                                 pembungkus      yang    dibawa
                                 untuk keluar kota, atau mudah
                                 ditata dalam  etalase (rak
                                 pajang) toko. Pemikiran kemu-
                                 dahan penataan ini didasar-
                                 kan atas servis produsen
                                 (perusahaan) kepada penjual
                                 terhadap kemudahan tersebut.
                                 x Mudah dibuat
                                 Faktor mudah dibuat meru-         Gambar11.16: Adanya kemasan,
                                                                   jangan sampai produk lebih mahal,
                                 pakan proses desain  hingga       sehingga membebankan konsumen.
                                 dalam     pembuatan     desain
                                 kemasan. Suatu desain yang
                                 berhasil adalah bila  desain     5.  Trategi Promosi Melalui
                                 tersebut bisa dikerjakan de-         Desain Kemasan
                                 ngan teknologi proses dan
                                 terjual. Maka seorang  pende-    Kemasan adalah pelindung
                                 sain   harus   memperhatikan     dari suatu barang / produk
                                 cara pengerjaan desain ke-       biasa    maupun     hasil  dari
                                 masan hingga sampai  finishi-    produksi industri. Dalam dunia
                                 ng. Serumit desain apapun        industri, kemasan merupakan
                                 tetap harus bisa dan  mudah      pemenuhan suatu kebutuhan
                                 dibuat hingga jadi.              akibat adanya hubungan anta-
                                                                  ra penghasil barang dengan



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    327












                               http://hsusanto.blogspot.com
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84