Page 81 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 81

satu   strategi  mengalahkan     produk yang disukai. Maka
                                 saingan barang/produk lain       citra harus terbentuk dihati
                                 untuk merayu pilihan kon-        masyarakat, sehingga akan
                                 sumen.                           terwujud:

                                 a. Daya tarik                    x  Konsumen lebih percaya
                                                                      diri
                                 Strategi promosi melalui daya    x Bergaya modern
                                 tarik (perhatian) seseorang      x Adanya peningkatan
                                 atau   sebagian    masyarakat        prestise
                                 terhadap    desain    kemasan    x  Bergaya masyarakat klas
                                 produk sering dilakukan oleh         tinggi
                                 berbagai perusahaan besar.
                                 Strategi ini yang diburu oleh
                                 beberapa perusahaan, karena      6. Kualitas Desain
                                 berhadapan langsung pada             Kemasan
                                 konsumen      calon   pembeli.   a.  Kekuatan dalam desain
                                 Kemenarikan sebuah  desain           kemasan
                                 kemasan bisa dikatakan ber-
                                 hasil bila konsumen tersebut     Segi kekuatan dalam  desain
                                 kesensem (sangat tertarik)       kemasan juga sangat diper-
                                 pada desain kemasan seka-        hatikan, karena bila desain
                                 ligus produknya, ingin men-      kemasan tidak kuat akan
                                 coba / melihat hingga pada       mengakibatkan benda/produk
                                 akhirnya memilikinya (mem-       di dalamnya akan mengalami
                                 beli).                           kerusakan     yang    akhirnya
                                                                  pembeli tidak puas.
                                 b. Sebuah Citra                  Bila hal tersebut terjadi suara

                                 Citra harus dibangun sejak       masyarakat (bakul sinambi
                                 perusahaan itu mulai  berdiri,   woro) akan sangat mempe-
                                 berkembang, hingga akhirnya      ngaruhi pembeli sampai calon
                                 dapat dipercaya oleh  masya-     pembeli tidak jadi membeli
                                 rakat luas terhadap produk       produk hanya gara-gara keku-
                                 yang     ditawarkan     melalui  atan desain kemasan kualitas
                                 desain kemasan. Tampilnya        rendah.
                                 desain kemasan pada suatu        Agar produk yang dikemas
                                 produk akan meningkatnya         bisa bertahan dihati konsumen
                                 kepercayaan masyarakat ter-      dan    dapat    mempengaruhi
                                 hadap produk.                    calon pembeli, maka harus

                                 Kemanapun orang pergi, bila      memperhatikan kekuatan de-
                                 mereka sudah terpengaruh         sain kemasan.
                                 pada suatu produk maka
                                 mereka selalu akan mencari



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    329












                               http://hsusanto.blogspot.com
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86