Page 82 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 82

Kualitas, sangatlah diperhati-   juga    dapat   mempengaruhi
                                 kan dalam sebuah  desain,        kenyamanan untuk dipegang.
                                 antara lain:                     Kebiasaan orang akan Kenya-
                                                                  manan inilah dibidik seorang
                                 x  Kuat benturan (elastis)       desainer desain kemasan agar
                                 x  Kuat terhadap   cuaca/        desainnya bisa berhasil guna.
                                     iklim                        Desain enak disentuh, dipe-
                                 x Kuat dibawa                    gang waktu melihat maupun
                                 x Kuat dipakai                   membuka produk didalamnya,
                                                                  tentunya konsumen akan me-
                                 b. Segi Higienis                 rasanya kenikmatan atau ti-
                                 Desain kemasan harus mem-        daknya desain kemasan yang
                                 perhatikan segi higienis (kese-  mendampingi produk di dalam-
                                 hatan), baik terhadap produk     nya.
                                 atau orang yang  membelinya.
                                 Bila segi higienis terjamin      B.  Media Lini Atas
                                 niscaya masyarakat akan me-
                                 lekatkan hatinya pada produk     Above-The-Line (ATL),  adalah
                                 yang telah/pernah dibelinya.     media lini atas. Berkomunikasi
                                 Desain kemasan yang difung-      menggunakan “sewa media”
                                 sikan  ke arah makanan dan       bersifat masal, seperti iklan
                                 minuman biasa  memperha-         koran, majalah, televisi, radio,
                                 tikan segi kesehatan dari        internet dan lain-lain. Kalau
                                 pemilihan bahan, apakah ada      kita pasang iklan di koran,
                                 reksinya    terhadap    produk   teve, dan internet itu  tujuan-
                                 didalmnya.                       nya membangun imej, itu kita
                                                                  sebut full factor.
                                 Desain kemasan yang dipakai
                                 untuk pembungkus atau pro-
                                 duk mainan / sovenir harus       C.  Media Lini Bawah
                                 memperhatikan segi kesehat-      Below-The-Line (BTL), meru-
                                 an luar bila desain kemasan itu   pakan pelengkap yang men-
                                 dipegang. Sebagai contoh,        dukung    dukung    lini  atas.
                                 desain kemasan yang dibuat       Biasanya berupa dua kegiatan
                                 dari bahan daun jati atau daun   sales promotion dan merchan-
                                 bambu yang masih melekat         dising yang dipadukan dengan
                                 bulu-bulunya sehingga dapat      iklan ATL  untuk menguatkan
                                 mengakibatkan gatal-gatal di     sebuah kampanye. Aktifitas
                                 tangan.                          BTL bisa beragam, mulai dari
                                                                  event, sponsorship, live tele-
                                 c. Segi Argonomis                cast, dan lain-lain.

                                 Segi argonomis kadang ku-        Tujuannya adalah mendekat-
                                 rang diperhatikan oleh de-       kan produk pada konsumen,
                                 sainer kemasan, padahal ini


                                 Desain Grafis Komunikasi                                    330












                               http://hsusanto.blogspot.com
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87