Page 83 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 83

membangun pengalaman khu-
                                 sus, mengundang pembelian,
                                 menjaga loyalitas konsumen,
                                 bahkan bukan itu saja, bisa
                                 juga dijadikan ajang membina
                                 jaringan distribusi penjualan.
                                 BTL sifatnya  highly segmen-
                                 ted yang bisa membuat orang
                                 berpikir dan kemudian tertarik.
                                 Keefektifan BTL tergantung
                                 pada karakteristik produk. Ada
                                 produk yang bisa membuat
                                 orang langsung beli,  contoh-
                                 nya adalah barang murah
                                 seperti rokok. Berbeda dengan
                                 produk mobil, orang akan
                                 berpikir dulu walau sudah meli-
                                 hat. Suatu produk itu tereks-
                                 pos terlebih dahulu, istilahnya
                                 the economic of attention,
                                 ekonomi perhatian.
                                 Biasanya berupa dua kegiatan
                                 sales promotion dan  mer-         Gambar 11.17: Seorang peragawati
                                 chantdising yang dipadukan        lenggak-lenggok di plasa
                                 dengan iklan ATL untuk me-        mempromosikan produk tertentu
                                 nguatkan sebuah kampanye.
                                 Aktifitas BTL bisa beragam,
                                 mulai dari  event, sponsorship,    Gambar 11.18 a,b,c (bawah):
                                 live telecast, dan media seperti   Pawai dan kegiatan olah raga
                                 di bawah:                          merupakan strategi
                                                                    yang tepat untuk produk minuman






















                                 Desain Grafis Komunikasi                                    331












                               http://hsusanto.blogspot.com
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88