Page 86 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 86

XII. PENEKANAN PENYAMPAIAN DESAIN
                                                    GRAFIS KOMUNIKASI


                                 Tugas media grafis komu-         A.  Penekanan pada Produk
                                 nikasi pada suatu  produk            yang Disampaikan
                                 adalah mengusahakan ada-
                                 nya calon langganan baru         x  Penekanan pada Harga
                                 untuk perusahaan dan usaha-      Media grafis komunikasi yang
                                 usaha tertentu, sebagai mem-     menawarkan barang atau jasa
                                 pertahankan      konsumennya     dengan     penonjolan    harga
                                 agar tidak lari ke produk/jasa   produk yang menarik. Jenis
                                 lain, atau sebagai prestise      media grafis komunikasi ini
                                 semata. Suatu perusahaan         biasa menggunakan  bahasa
                                 selalu berusaha untuk membe-     kata yang  mempunyai kono-
                                 rikan jasa-jasanya atau ba-      tasi   yang   jauh   dari   arti
                                 rang-barang hasil produksinya    sesungguhnya, seperti sale,
                                 kepada langganannya secara       obral,   pesta   diskon,   cuci
                                 efisien, ekonomis, dan me-       gudang, banting harga, harga
                                 nguntungkan berupa imbalan       miring, produk baru harga
                                 dari apa  yang diharapkan        lama, harga tetap dan se-
                                 maupun yang dibutuhkan oleh      bagainya.
                                 pelanggan.
                                 Dalam memperkenalkan pro-
                                 duk/jasa maupun perusahaan-
                                 nya kepada calon pelanggan
                                 melalui media grafis  komu-
                                 nikasi dapat dikelompokkan
                                 menjadi dua bagian yaitu;
                                 1)  Jenis media grafis komuni-
                                     kasi yang menekankan
                                     pada produk yang  dita-
                                     warkan.
                                 2)  Jenis media grafis komuni-
                                     kasi yang menekankan
                                     pada sisi visualnya.
                                 3).  Jenis media grafis komuni-
                                     kasi yang menekankan
                                     pada teknik penyampaian.
                                                                   Gambar 12.1:
                                                                   Media grafis (iklan) yang ditekankan
                                                                   pada harga



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    334












                               http://hsusanto.blogspot.com
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91