Page 89 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 89

tersendiri terhadap yang di-
                                                                  punyai, karena jarang orang
                                                                  memilikinya. Kelompok inilah
                                                                  yang ditangkap oleh produsen
                                                                  untuk meluncurkan produknya
                                                                  agar mereka terbawa hatinya
                                                                  yang akhirnya  memilikinya,
                                                                  meskipun produk yang dike-
                                                                  luarkan sangat tinggi har-
                                                                  ganya.











                                                     Gambar 12.5:
                                     Media grafis (iklan) yang ditekankan
                                                   dari segi manfaat

                                 x  Penekanan pada Status

                                 Media grafis komunikasi yang
                                 melakukan komunikasi agar
                                 masyarakat mengasosiasikan
                                 produk yang ditawarkan de-
                                 ngan status atau kedudukan
                                 pribadinya.  Produk yang dita-     Gambar 12.6:
                                 warkan melalui media grafis        Media grafis (iklan) yang ditekankan
                                                                    dari segi status
                                 komunikasi     ini    biasanya
                                 berharga  mahal atau jarang
                                 dipakai oleh oarng banyak.       x  Penekanan pada Lembaga
                                 Media grafis komunikasi yang     Media grafis komunikasi yang
                                 dimaksud     sebagai    contoh   menekankan       atau    meno-
                                 media grafis komunikasi mobil    njolkan    nama    perusahaan
                                 BMW, Mercy,  Kondominium,        untuk memberi kesan yang
                                 hotel berbintang, mebel gaya     baik kepada calon pembeli
                                 itali, dan sebagainya.
                                                                  produk/jasa yang dikeluarkan.
                                 Ada sekelompok masyarakat        Jenis media grafis komunikasi
                                 yang mempunayi gaya hidup        ini sering  menawarkan jasa
                                 yang lain dari masyarakat        yang dikomunikasikan oleh
                                 umumnya, mereka  menikmati       perusahaan, hanya saja lebih
                                 hidupnya dengan kebanggaan       ditonjolkan pada  perusahaan



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    337












                               http://hsusanto.blogspot.com
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94