Page 87 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 87

Penonjolan harga ini dimak-      namun masih dalam lingkup
                                 sudkan untuk mendongkrak         merek yang sama tetap akan
                                 penjualan    maupun     menja-   percaya. Ada ucapan yang
                                 tuhkan saingan pasar. Tere-      sering      terdengarn       di
                                 krutnya langganan baru atau      masyarakat. “Kalau beli produk
                                 mempertahankan      langganan    belilah merk SONY,  karena
                                 lama    berarti  meningkatkan    awet    dan    bandel”,   atau
                                 omset penjualan. Biasanya        ”Frestea yang rasanya segar
                                 jenis media grafis komunikasi    teh hijau alami”.
                                 ini   diluncurkan     bilamana
                                 jumlah produknya menurun
                                 yang diakibatkan adanya sa-
                                 ingan baru, atau penyegaran
                                 terhadap    pelanggan/pembeli
                                 sebagai hadiah.



                                 x  Penekanan pada Merek
                                 Media grafis komunikasi yang
                                 berusaha memebrikan  kesan
                                 tentang   brand atau merk
                                 kepada pembaca, penglihat
                                 atau pendangar. Jenis media
                                 grafis komunikasi  ini tampak
                                 pada jenis produk merk SONY,
                                 HONDA, LEVI’S, VIT, dan
                                 sebagainya.

                                 Masyarakat yang sudah fa-
                                 natik terhadap tentunya akan
                                 memilih jenis produk yang        Gambar 12.2:
                                 biasa    dipergunakan     atau   Media grafis (iklan) yang ditekankan merek
                                 dianggap    cocok    untuknya.
                                 Begitu juga produsen yang        x  Penekanan pada Kualitas
                                 sudah lama dipercayai ma-
                                 syarakat karena jenis merk       Media grafis komunikasi yang
                                 produknya sudah dapat mere-      berusaha untuk menimbulkan
                                 but hati masyarakat.             kesan bahwa barang atau jasa
                                                                  yang dimedia grafis komu-
                                 Bilamana masyarakat sudah        nikasikan bermutu tinggi, se-
                                 fanatik atau percaya terhadap    perti perguruan tinggi  swasta
                                 produk atau merk tertentu        yang mengekspos status akre-
                                 yang selalu diikuti lama, maka   ditas “disamakan” pada pro-
                                 bilamana ada jenis produk lain   gram-program tertentu, produk



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    335












                               http://hsusanto.blogspot.com
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92