Page 5 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 5
2. Peserta didik bertanya terkait pemapamaran yang
diberikan guru tentang berpikir kreatif dan design
thinking
3. Guru memberikan jawaban terkait pertanyaan yang
diajukan oleh siswa
4. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
(1 kelompok terdiri dari 3-4)
5. Peserta didik membentuk 9 kelompok belajar dan
memberi nama kelompok belajar serta memilih ketua
kelompoknya
6. Guru memberikan permasalahan ke Peserta didik terkait
dengan berpikir kreatif dan design thinking dalam
kehidupan sehari-hari menggunakan lembar kerja
K 7. Peserta didik melaksanakan diskusi sesuai kelompoknya
e masing-masing secara proaktif dibawah bimbingan dan
g arahan guru.
i 8. Tiap-tiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya
a dan kelompok lain memberi komentar terhadap presentasi
t yang disajikan.
9. Tiap-tiap Kelompok menyempurnakan hasil prestasinya
a
n berdasarkan masukan dari kelompok lain
10. Tiap kelompok menyimpulkan hasil diskusi
K
Kegiatan Penutup 1. Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi terhadap 20 menit
e kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku
t catatan masing-masing.
i 2. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
g pembelajaran.
a 3. Guru memberi tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
4. Peserta didik melakukan pembersihan di kelas
5. Salah satu peserta didik memimpin doa untuk mengakhiri
(
pelajaran
6
6. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
x
45 menit)
Langkah Alokasi
Deskripsi
Pembelajaran Waktu
Pendahuluan 1. Guru memberi salam, selanjutnya menanyakan kabar 20 menit
peserta didik
2. Salah satu peserta didik memimpin berdoa sebelum
memulai pelajaran
3. Peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan