Page 5 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 5

2.  Peserta  didik    bertanya  terkait  pemapamaran  yang
                                           diberikan  guru    tentang    berpikir  kreatif  dan  design
                                           thinking

                                        3.  Guru  memberikan  jawaban  terkait  pertanyaan  yang
                                           diajukan oleh siswa

                                        4.  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
                                           (1 kelompok terdiri dari 3-4)
                                        5.  Peserta  didik  membentuk  9  kelompok  belajar  dan
                                           memberi  nama  kelompok  belajar  serta  memilih  ketua

                                           kelompoknya

                                        6.  Guru  memberikan  permasalahan  ke  Peserta  didik  terkait

                                           dengan  berpikir  kreatif  dan  design  thinking    dalam
                                           kehidupan sehari-hari menggunakan lembar kerja
                    K                   7.  Peserta  didik  melaksanakan  diskusi  sesuai  kelompoknya

                    e                      masing-masing  secara  proaktif  dibawah  bimbingan  dan
                    g                      arahan guru.

                    i                   8.  Tiap-tiap  kelompok  memperesentasikan  hasil  diskusinya
                    a                      dan kelompok lain memberi komentar terhadap presentasi
                    t                      yang disajikan.
                                        9.  Tiap-tiap  Kelompok  menyempurnakan  hasil  prestasinya
                    a
                    n                      berdasarkan masukan dari kelompok lain
                                        10. Tiap kelompok menyimpulkan hasil diskusi


                    K
                    Kegiatan Penutup   1.  Guru  mengajak peserta didik melakukan refleksi terhadap    20 menit
                    e                      kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku

                    t                      catatan masing-masing.
                    i                   2.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
                    g                      pembelajaran.

                    a                   3.  Guru memberi tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
                                        4.  Peserta didik melakukan pembersihan di kelas
                                        5.  Salah satu peserta didik  memimpin doa untuk mengakhiri
                    (
                                           pelajaran
                    6
                                        6.  Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.


                    x
                     45 menit)


                    Langkah                                                                       Alokasi
                                       Deskripsi
                    Pembelajaran                                                                    Waktu
                    Pendahuluan        1.  Guru  memberi  salam,  selanjutnya  menanyakan  kabar    20 menit
                                           peserta didik
                                        2.  Salah  satu  peserta  didik  memimpin  berdoa  sebelum
                                           memulai pelajaran
                                        3.  Peserta  didik  diberikan  kesempatan  untuk  melakukan
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10