Page 21 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 3)
P. 21
LAMPIRAN
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
1. PERKEMBANGAN PROSES PRODUKSI INDUSTRI KREATIF
Dengan adanya industri kreatif di Indonesia saat ini telah menjadi motor penggerak
perekonomian nasional. Salah satunya pada bidang Desain Komunikasi Visual (DKV)
merupakan satu dari empat subsektor ekraf yang mengalami pertumbuhan sangat
pesat. Karena DKV memiliki peranan penting dan mampu memberikan dampak besar
terhadap subsektor ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan mengasah industri kreatif
yang dapat menghasilkan sebuah karya alam memiliki nilai ekonomi yang tinggi selain
contoh industri sebuah karya disebutkan diatas ada industri-industri lain yang sedang
trending saat ini yaitu seperti youtuber, perfilman, fotografi, periklanan dan selebgram.
Industri kreatif merupakan awal dari aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi teknologi. Industri kreatif
juga sering disebut dengan nama lain yaitu Industri Budaya atau juga Ekonomi Kreatif.
Menurut Howkins, Ekonomi Kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan.
desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan
Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio,
dan Permainan Video. Muncul pula definisi yang berbeda-beda mengenai sektor ini.
Namun sejauh ini penjelasan Howkins masih belum diakui secara internasional.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif).
Industri kreatif merupakan awal proses penciptaan, inovasi, kreativitas dan ide baru dari
seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan produkproduk inovasi
baru dan dijadikan produk ekonomi yang mempunyai nilai jual tinggi. Dengan begitu
maka industri kreatif memiliki manfaat yang dapat kalian pahami yaitu sebagai berikut :
21