Page 26 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 3)
P. 26

memberikan  pengaruh  pada  teknologi  industri  desain  komunikasi  visual.  Lebih
            maraknya  penggunaan  media  luar  ruangan  videotron  sebagai  alternatif  penggunaan

            media  luar  ruang  daripada  media  baliho  atau  billboard.  Perkembangan  media
            penyiaran secara digital juga menjadi kebutuhan dalam penyampaian informasi seperti

            melalui saluran video sosial atau media sosial yang mendukung media format digital

            baik gambar diam seperti banner atau bergerak seperti video dan animasi.


            4. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI INDUSTRI.

            Kemajuan era teknologi industri memberikan kemudahan dalam proses produksi media
            desain komunikasi visual diberbagai bidang. Pemanfaatan teknologi industri yang baik

            bisa memberikan hasil yang lebih baik dan konsisten pada produknya. Dengan adanya
            kemajuan teknologi industri juga diharapkan tidak banyak ketertinggalan pada kualitas

            karya  desain  komunikasi  visual  saat  ini  sehingga  mampu  bersaing  dengan  industri
            lainnya. Desain komunikasi visual yang pada awalnya hanya membahas keahlian dan

            kompetensi teknis yang tinggi secara manual pada produksi media publikasi harus bisa

            berkembang  dengan  adanya  perubahan  pada  teknologi  industri.  Industri  periklanan
            yang awalnya bergerak pada produksi media lini bawah dan atas secara konvensional

            dan analog, sekarang harus bisa membuat perencaan media secara non konvensional.


            Desain  komunikasi  visual  dalam  industri  periklanan  yang  maju  harus  bisa  membuat

            perencanaan dan produksi media baru sesuai dengan kebutuhan pengguna dan target
            khalayak  atau  pasar.  Selain  itu  desainer  juga  harus  mampu  membuat  konten  visual

            iklan  agar  bisa  menarik  dan  mudah  diingat.  Konsep  kreatif  yang  disusun  harus  bisa
            diterima oleh khalayak dan pasar. Industri permainan interaktif sekarang juga sangat

            besar  peminatnya  di  pasaran.  Pada  industri  tersebut  peranan  desainer  komunikasi

            visual sangat diperlukan dalam menciptakan berbagai elemen visual pada permainan
            interaktif  tersebut  dimulai  dari  pembuatan  visual  branding  seperti  logo  dan  ikon,

            desain  karakter,  desain  lingkungan  permainan,  desain  barangbarang  unik  permainan
            serta  aksesoris  permainan,  produksi  merchandising,  desain  publikasi,  dan  lain

                                                                                                          26
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31