Page 26 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 3)
P. 26
memberikan pengaruh pada teknologi industri desain komunikasi visual. Lebih
maraknya penggunaan media luar ruangan videotron sebagai alternatif penggunaan
media luar ruang daripada media baliho atau billboard. Perkembangan media
penyiaran secara digital juga menjadi kebutuhan dalam penyampaian informasi seperti
melalui saluran video sosial atau media sosial yang mendukung media format digital
baik gambar diam seperti banner atau bergerak seperti video dan animasi.
4. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI INDUSTRI.
Kemajuan era teknologi industri memberikan kemudahan dalam proses produksi media
desain komunikasi visual diberbagai bidang. Pemanfaatan teknologi industri yang baik
bisa memberikan hasil yang lebih baik dan konsisten pada produknya. Dengan adanya
kemajuan teknologi industri juga diharapkan tidak banyak ketertinggalan pada kualitas
karya desain komunikasi visual saat ini sehingga mampu bersaing dengan industri
lainnya. Desain komunikasi visual yang pada awalnya hanya membahas keahlian dan
kompetensi teknis yang tinggi secara manual pada produksi media publikasi harus bisa
berkembang dengan adanya perubahan pada teknologi industri. Industri periklanan
yang awalnya bergerak pada produksi media lini bawah dan atas secara konvensional
dan analog, sekarang harus bisa membuat perencaan media secara non konvensional.
Desain komunikasi visual dalam industri periklanan yang maju harus bisa membuat
perencanaan dan produksi media baru sesuai dengan kebutuhan pengguna dan target
khalayak atau pasar. Selain itu desainer juga harus mampu membuat konten visual
iklan agar bisa menarik dan mudah diingat. Konsep kreatif yang disusun harus bisa
diterima oleh khalayak dan pasar. Industri permainan interaktif sekarang juga sangat
besar peminatnya di pasaran. Pada industri tersebut peranan desainer komunikasi
visual sangat diperlukan dalam menciptakan berbagai elemen visual pada permainan
interaktif tersebut dimulai dari pembuatan visual branding seperti logo dan ikon,
desain karakter, desain lingkungan permainan, desain barangbarang unik permainan
serta aksesoris permainan, produksi merchandising, desain publikasi, dan lain
26