Page 51 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 51

Desainer  komunikasi  visual  kebanyakan  bekerja  berdasarkan  kebutuhan  yang  diarahkan  oleh
            klien, sehingga ia tidak bisa semaunya sendiri menentukan ukuran, media, warna, teknik dan
            material.

            Produk atau karya DKV dapat kita jumpai di mana-mana dalam keseharian kita, seperti iklan
            (media massa cetak atau elektronik), internet, poster, signboard, katalog, brosur, kartu nama,
            kemasan, baliho hingga animasi dan lain-lain.

            Berikut adalah beberapa ruang lingkup DKV:
                1.  Desain Periklanan (Advertising); Disini komunikasi visual persuasif yang harus

                    diaplikasikan.
                2.  Desain Identitas Usaha (Corporate Identity). Logo, kop surat, brand book, hingga ke
                    background sosial media dan identity kit

                3.  Desain Marka Lingkungan (Environment Graphics); marka lingkungan eksterior dan
                    interior berada dimana-mana, baik itu di mall, universitas, rumah sakit dan fasilitas

                    umum lainnya.
                4.  Desain Multimedia; digunakan di perusahaan percetakan seperti pembuatan banner,
                    backdrop, stiker, hingga megatron (billboard video), dsb.

                5.  Desain Grafis Industri; Kemasan produk.
                6.  Desain Grafis Media; buku, surat kabar, majalah, dll. Biasanya hal ini dilakukan di

                    pekerjaan penerbitan ataupun redaksional.
                7.  Cerita Bergambar (komik); Sarana statis yang dapat memberikan narasi lebih ringan dan
                    mudah di ikuti ketimbang media cetak lain.

                8.  Fotografi; Industri yang besar dan banyak memiliki keterkaitan dengan bidang desain
                    lain.
                9.  Videography; Gambar bergerak lengkap dengan audio banyak dibutuhkan dalam semua

                    industri hari ini.
                10. Ilustrasi; Sebagai konteks tambahan dan pelengkap suatu informasi.
                11. Animasi; Salah satu media terkomplit sebagai sarana komunikasi visual, membutuhkan

                    dedikasi yang tinggi dan kerjasama tim dari berbagai disiplin ilmu untuk
                    mewujudkannya.

                12. Media Interaktif; Website, Aplikasi Mobile, Game. Kerjasama yang dibutuhkan jauh lebih
                    kompleks lagi.


                                                            8
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56