Page 53 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 53

memiliki beberapa alat yang Anda butuhkan. Ini termasuk dasar-dasar seperti laptop, software
            desain dan alat premium lainnya.
            Catat alat apa yang dapat membuat Anda akses di rumah dan kantor Anda sendiri dan apa

            yang mungkin perlu Anda beli sebagai investasi bisnis. Sumber daya ini mungkin termasuk:
            Laptop yang mumpuni dengan jumlah memori dan pemrosesan yang tepat
            Hard drive eksternal untuk menyimpan dan membuat cadangan file

            Software  desain  seperti  Adobe  Illustrator,  Photoshop  atau  InDesign  (beberapa  opsi  paling
            populer, meskipun tentu saja bukan daftar eksklusif)

            Printer yang berfungsi untuk menangani produk fisik, cetak biru, atau file cetak
            Materi pemasaran dan perlengkapan kantor lainnya
            Selain itu, Anda juga harus mengevaluasi keterampilan apa (baik pribadi maupun profesional)

            yang Anda miliki. Jika Anda memiliki pengetahuan kerja yang kuat tentang cara memasarkan
            bisnis desain baru Anda, itu dapat membantu menghemat uang dan waktu pada awalnya.

            Namun,  jangan  takut  untuk  berinvestasi  pada  sumber  daya  tak  berwujud  dan  keterampilan
            yang Anda butuhkan untuk membantu bisnis Anda benar-benar berkembang.
            3. Lakukan penelitian kompetitif

            Ini  mungkin  rahasia  umum,  tetapi  desain  grafis  adalah  industri  yang  cukup  kompetitif.  Ada
            banyak  desainer  berbakat  di  bidangnya,  dan  ada  juga  perusahaan  mapan  dan  cakap  yang

            bekerja dengan klien besar secara konsisten.
            Penting untuk tidak berkecil hati ketika Anda mulai menyadari atau menemukan betapa banyak
            penyedia layanan desain grafis di luar sana.

            Sebagai pemilik bisnis baru, Anda akan mulai mencari terget pasar Anda sendiri di industri ini
            dan melayani klien dan pelanggan yang sesuai dengan keterampilan dan keahlian Anda.
            Itulah mengapa penting juga untuk mengetahui apa tujuan Anda saat memulai bisnis desain,

            dan sumber daya apa yang tersedia di ujung jari Anda.
            Saat Anda mulai melakukan riset kompetitif dalam bisnis desain grafis, temukan jawaban untuk
            pertanyaan berikut:

            Apakah pesaing mengenakan tarif per jam atau per proyek?
            Berapa tarif rata-rata klien untuk proyek desain grafis di daerah Anda?

            Apa kesamaan yang dimiliki oleh bisnis desain grafis yang paling sukses?
            Kebutuhan atau masalah apa yang bisa diselesaikan oleh perusahaan-perusahaan ini dengan


                                                           10
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58