Page 52 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 52

4. Proses Bisnis di bidang Desain Komunikasi Visual


            Daftar di bawah ini mencakup 10 langkah berguna dan praktis untuk menemukan klien dan
            mewujudkan impian bisnis desain grafis Anda.
            1. Tentukan tujuan bisnis Anda

            Ungkapan populer “gagal berencana berarti gagal dalam ekseskusi” mungkin klise, tetapi ini
            terutama  berlaku  dalam  hal  memulai  bisnis  baru.  Yang  benar  adalah  bahwa  rencana  bisnis

            Anda  akan  bias  kecuali  Anda  memiliki  ide  dalam  pikiran  tentang  bagaimana  cara  untuk
            bergerak maju.
            Meskipun Anda mungkin tidak memiliki jawaban yang sempurna saat baru memulai, tidak ada

            kata terlalu dini untuk mulai memikirkan hal-hal seperti:
            Jenis layanan apa yang ingin Anda tawarkan atau dikenal?

            Apakah Anda akan mendirikan agensi kecil dengan toko sederhana atau sebagai perusahaan
            dengan banyak karyawan?
            Berapa  banyak  pelanggan  dan  klien  yang  Anda  perlukan  pada  waktu  tertentu  untuk

            mempertahankan anggaran?
            Berapa jumlah waktu ideal yang dihabiskan per proyek atau tugas?
            Jenis model bisnis apa yang ingin Anda ikuti untuk kesuksesan jangka panjang?

            Semakin  spesifik  Anda  saat  pertama  kali  menguraikan  tujuan  ini,  semakin  baik.  Selain  itu,
            sebaiknya  tetapkan  garis  waktu  untuk  kapan  dan  bagaimana  Anda  akan  menyelesaikan
            langkah-langkah tertentu.

            Temukan  mentor  yang  berpengalaman  atau  pastikan  mengembangkan  sistem  untuk
            memeriksa dan mengevaluasi kembali tujuan Anda setelah Anda menjalankan bisnis setidaknya

            selama beberapa bulan.
            2. Pastikan Anda memiliki alat dan keterampilan yang dibutuhkan
            Meskipun tidak selalu merupakan karakteristik negatif, desainer grafis yang berasal dari latar

            belakang karier yang mapan sering kali memiliki banyak sumber daya, alat, dan keunggulan
            lain yang mereka miliki.

            Ketika  Anda  meninggalkan  pekerjaan  profesional,  Anda  mungkin  mendapati  Anda  tidak  lagi
                                                            9
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57